Materi : Desain Eksperimen
1. Introduction
2. Simple Comparative Experiments
3. Experiments with a Single Factor
4. The Randomized Complete Block Design
5. The Latin Square Design
6. Factorial Design
7. The 2k Factorial Design
8. Two-Level Fractional Factorial Design
9. Nested or Hierarchial Design
10. Response Surface Methods
References :
1. Box, G.E.P., Hunter, W.G., and Hunter, J.S. (1978, 2006) Statistics for Experimenters: An Introduction to Design, Data Analysis and Model Building John Wiley & Sons.
2. Montgomery , D.C. (2003) Design and Analysis of Experiments Fifth Edition, John Wiley & Sons.
3. Vincent Gaspersz (1995) Teknik Analisis Dalam Penelitian Percobaan Jilid I dan II, Penerbit Tarsito, Bandung .
4. Sujana (2002) Desain dan Analisis Eksperimen Edisi IV, Penerbit Tarsito, Bandung .
Pendahuluan
1. Kaitan Desain Eksperimen dalam Philosophy Quality Control
2. Pengertian Desain Eksperimen
3. Tujuan Desain Eksperimen
4. Aplikasi dari Desain Eksperimen
5. Memahami Prinsip-prinsip Dasar dalam Desain Eksperimen
6. Mengetahui Langkah-langkah (Guidelines) dalam Desain Eksperimen
Penelitian sebagai Proses Belajar Berulang
Proses Belajar sebagai Suatu Umpanbalik
Langkah-langkah Penelitian Ilmiah
Desain Eksperimen dalam Quality Control
Quality Circle
New Philosophy and AttitudeToward Quality
Pengertian Eksperimen dan Desain Eksperimen
6 Pengertian EKSPERIMEN :
suatu tindakan atau pengamatan khusus yang dilakukan
ð untuk menguji atau menguatkan pendapat yang diduga kebenarannya,
ð untuk menemukan beberapa pengaruh (prinsip) yang tidak/belum diketahui.
6 Pengertian DESAIN EKSPERIMEN : suatu prosedur (langkah-langkah lengkap) yang perlu diambil sebelum eskperimen dilakukan agar supaya data yang semestinya diperlukan dapat diperoleh, sehingga analisis dan kesimpulan secara obyektif dapat dilakukan.
General Model of a Process or System
Tujuan Eksperimen ...
1. Menentukan variabel yang paling berpengaruh terhadap suatu respon Y,
2. Menentukan nilai X yang berpengaruh terhadap respon Y sedemikian hingga nilai Y mendekati nilai nominal yang diinginkan,
3. Menentukan nilai X yang berpengaruh terhadap respon Y sedemikian hingga nilai Y variabilitasnya minimal,
4. Menentukan nilai X yang berpengaruh terhadap respon Y sedemikian hingga pengaruh dari variabel-variabel “uncontrollable” Z dapat diminimalkan.
Tujuan Desain Eksperimen …
6 Tujuan DESAIN EKSPERIMEN :
ð memperoleh keterangan tentang bagaimana respon yang akan diberikan oleh suatu obyek pada berbagai keadaan tertentu (perlakuan) yang ingin diperhatikan,
ð memperoleh atau mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya yang diperlukan (berguna) untuk memecah- kan persoalah yanga akan dibahas.
6 Ada 3 hal penting dalam EKSPERIMEN :
1. Respon yang diberikan oleh obyek
2. Keadaan tertentu yang sengaja diciptakan untuk menimbulkan respon, dan
3. Keadaan lingkungan serta keragaman alami obyek yang dapat mengacaukan pemahaman tentang respon yang terjadi.
Aplikasi Desain Eksperimen
6 In Process Development :
1. Improved process yield,
2. Reduced variability and closer conformance to nominal or target requirements,
3. Reduced development time,
4. Reduced overall cost.
6 In Engineering Design :
1. Evaluation and comparison of basic design configurations,
2. Evaluation of material alternatives,
3. Selecting of design parameters so that the product will work well under a wide vairety of field conditions, that is, so that the product is robust,
4. Determination of key product design parameters that impatct product performance.
Istilah-istilah dalam Desain Eksperimen
ü Perlakuan (TREATMENT) :
sekumpulan kondisi eksperimen yang akan digunakan terhadap unit eksperimen dalam ruang lingkup desain yang dipilih. Misal: tipe mesin, operator, umur, jenis kelamin, dsb.
ü Unit eksperimen (EXPERIMENTAL UNIT) :
unit yang dikenai perlakuan dalam sebuah replikasi eksperimen dasar. Misal: sebuah logam, seekor ayam, dsb.
ü Kekeliruan Eksperimen (EXPERIMENTAL ERROR) :
kegagalan dari dua unit eksperimen identik yang dikenai perlakuan untuk memberikan hasil yang sama. Misal: kekeliruan waktu menjalankan eksperimen, kekeliruan pengamatan, variasi bahan, variasi antar unit eksperimen, dsb.
Prinsip Dasar dalam Desain Eksperimen
ü Pengulangan (REPLCATION) :
pengulangan dari eksperimen dasar, yang berfungsi untuk :
1. memberikan suatu dugaan dari galat (kesalahan) eksperimen,
2. meningkatkan ketelitian suatu eksperimen melalui pengurangan simpangan baku dari nilai tengah (mean) perlakuan,
3. memperluas cakupan penarikan kesimpulan dari suatu eksperimen.
ü Pengacakan (RANDOMIZATION) :
Untuk menjamin kesahihan (validitas) atas pendugaan tak bias dari galat eksperimen dan nilai tengah perlakuan serta perbedaannya.
ü Pengendalian Lokal (LOCAL CONTROL) :
Langkah-langkah atau usaha-usaha yang berbentuk penyeimbangan, pemblokan dan pemblokan unitu-unit eksperimen yang digunakan dalam desain.
Tiga tahap utama dalam Desain Eksperimen
Guidelines for Designing an Experiment
1. Recognition of and statement of the problem.
2. Choice of factors, levels, and ranges.
3. Selection of the response variable.
4. Choice of experimental design.
5. Performing the experiment.
6. Statistical analysis of the data.
7. Conclusions and recommendations.
Jenis Data
1. DATA KUALITATIF (ATRIBUT)
[ bukan angka
misal jenis kelamin, merk handphone, warna mobil.
2. DATA KUANTITATIF (NUMERIK)
[ berbentuk angka
2.1. DISKRIT
misal : banyaknya pegawai, banyaknya TV yang terjual, banyaknya pegawai.
2.2. KONTINU
misal : berat suatu produk, waktu memproduksi suatu produk, jarak tempuh 1 liter bensin.
Skala Pengukuran
1. NOMINAL [ membedakan obyek. Misal jenis kelamin (1 = pria, 2 = wanita).
2. ORDINAL [ membedakan obyek dan menyatakan urutan menurut besar kecil. Misal pendidikan (1 = SD, 2 = SLTP, 3 = SMU, 4 = PT).
3. INTERVAL [ membedakan obyek, menyatakan urutan menurut besar kecil, dan adanya interval yang sama. Misal suhu.
4. RATIO [ membedakan obyek, menyatakan urutan menurut besar kecil, adanya interval yang sama, dan adanya NOL mutlak. Misal berat suatu produk.
Pemakaian Skala pengukuran : “Merk HP Pilihan Mahasiswa”
1. NOMINAL
[ Beri tanda silang pada merk HP yang paling anda sukai dari merk- merk HP berikut ini.
* Nokia * Siemens * Samsung * Sony Ericson
2. ORDINAL
[ Beri nomor sesuai dengan urutan tingkat kesukaan anda pada merk- merk HP berikut ini. * Nokia * Siemens * Samsung * Sony Ericson
Blogged with Flock
No comments:
Post a Comment